Jumlah DPK di Kota Malang Bakal Bertambah Sampai Hari-H Pemilu

Penataan kotak surat suara pemilu 2019 di Kecamatan (Luqmanul Hakim/Malang Times)
Penataan kotak surat suara pemilu 2019 di Kecamatan (Luqmanul Hakim/Malang Times)

SIDOARJOTIMES, MALANG – Jumlah daftarpemilih khusus (DPK) di Kota Malang mencapai 819 pemilih. Jumlah tersebut kemungkinan akan terus bertambah dikarenakan proses data kependudukan yang dinamis yang selalu bergerak.

Divisi Perencanaan Data dan Teknis KPU Kota Malang Deny Bachtiar menjelaskan DPK merupakan daftar pemilih khusus dari warga Kota Malang yang sudah memiliki KTP elektronik tapi masih belum masuk dalam DPT maupun DPTB. DPK tersebut, nantinya diperbolehkan untuk hanya membawa KTP saja. "DPK itu nanti boleh datang ke TPS hanya bawa KTP saja," tegas Deny  kepada Malangtimes.com, Senin (15/4/2019).

Ia mengatakan jumlah DPK tersebut nantinya akan terus bertambah. Sebab proses data kependudukan yang dinamis selalu bergerak. Sehingga nantinya warga yang termasuk dalam DPK tersebut akan tetap bisa mencoblos saat pemilu nanti.

"Biasanya DPK itu kebanyakan dari pemilih pemula, warga yang di H-1 pencoblosan dia terdaftar perekaman KTP di Dispenduk, dan dia sudah memiliki KTP elektronik atau Surat keterangan dari Dispenduk," jelasnya.

Sehingga warga yang termasuk DPK tersebut nantinya bisa datang ke TPS untuk mencoblos hanya dengan menggunakan KTP elektronik tersebut ataupun menggunakan surat keterangan yang diterbitkan oleh dispenduk. Hanya saja, DPk tersebut bisa datang ke TPS satu jam sebelum pencoblosan berakhir pada pukul 12.00 WIB hingga waktu proses pencoblosan selesai.

"Mereka bisa datang ke TPS diatas pukul 12.00 WIB, dan masih tetap mendapat 5 surat suara seperti DPT. Tapi mereka hanya bisa mencoblos di TPS sesuai dengan kelurahan tempat dia terdaftar," pungkasnya. 

Pewarta : Luqmanul Hakim
Editor : A Yahya
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]sidoarjotimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]sidoarjotimes.com | marketing[at]sidoarjotimes.com
Top