Material-Material Aneh untuk Membuat Rumah, Nomor 5 Favorit Para Pecandu

Ilustrasi rumah dengan bahan material aneh(Daftar5)
Ilustrasi rumah dengan bahan material aneh(Daftar5)

SIDOARJOTIMES, MALANG – Pada umumnya, orang membangun rumah dengan menggunakan material batu-bata, kayu, semen, pasir dan material lainnya. Namun pernah kah kalian berfikir jika membuat rumah tidak dengan material-material tersebut, apakah bisa?

Nyatanya memang bisa. Bahkan yang digunakan juga merupakan bahan material yang tak lazim digunakan sebagai material membangun rumah. Apa saja material itu, penasaran bukan? Ok deh mari langsung saja kita simak informasinya. Daftar material aneh yang digunakan untuk membangun rumah yang tak pernah kalau sangka dirangkum dari Daftar5 dan beberapa sumber lain.

1. Botol Bir

Kebayang membangun rumah dengan botol bir, tentu harus ribuan liter kalian habiskan untuk mengambil botolnya. Namun bangunan yang dibangun dengan material botol bir memang benar ada.

Seperti contohnya di Thailand. Di Thailand ada kuil unik yang berada tepat di perbatasan antara Thailand dan Kamboja, tepatnya 600 km dari timur laut Bangkok.

Kuil ini cukup banyak menarik perhatian, sebab, dibangun dengan menggunakan material botol bir dan juga minuman berenergi yang disusun dengan rapi.

Penggunaan material tersebut berawal dengan banyaknya sampah botol bir yang dibuang masyarakat. Dari situ kemudian beberapa orang mengumpulkan dan mengajak masyarakat untuk memberikan botol bir berkas mereka untuk membangun kuil.

Dengan semakin banyaknya botol yang diberikan, akhirnya sampai menghiasi semua bagian kuil. Jumlah botol yang terkumpul sebanyak satu juta botol. Tak heran jika kuil ini seringkali dijuluki kuil botol bir.

2. Koran Bekas


Pada tahun 1922, seorang bernama Elis Stanman membangun rumah dengan menggunakan material koran bekas di Amerika Serikat.

Seluruh rumah, tak terkecuali kayu, dibuat dari bahan material kroban yang digulung sedemikian rupa lalu diberikan sebuah pernis untuk membuatnya bisa berdiri dan bisa kuat.

Tujuan utama Elis membuat rumah ini, ia mengurangi sampah koran yang terkadang memang sudah tidak terpakai.

3. Garam

Bolivia memiliki salah satu hotel yang cukup unik yang bisa saja disebut merupakan hotel garam. Bagaimana tidak, material-material untuk membangun hotel ini, terbuat dari garam yang dibentuk menjadi sebuah bata dan disusun seperti halnya bangunan biasanya.

Tak hanya bagian gedunya saja yang menggunakan garam, untuk material perabot didalamnya, beberapa juga menggunakan material garam, seperti kursi maupun tempat tidur.

Letak hotel ini sendiri berada di tengah Padang garam yang juga menawarkan pemandangan Gunung Andes yang menawan.


4. Es balok

Disebuah wilayah di Swedia, setiap tahunnya dibangun sebuah sebuah hotel yang menggunakan material es balok. Tiap ruangan dari hotel ini juga dibuat dengan balok es yang didesain sedemikian rupa.

Namun tempat tidur di hotel ini, tetap saja diberikan sebuah bulu-bulu hangat yang membuat nyaman para pengunjungnya.  

5. Serat ganja

Ganja adalah tanaman yang penggunaannya sangat dibatasi dibeberapa negara didunia, termasuk di Indonesia. Namun di Belanda, gabah malah digunakan sebagai salah satu material bangunan rumah.

Dan ada sebuah perusahaan yang pernah membuat bangunan rumah menggunakan serat ganja. Caranya mereka memanen dulu pohon ganja, kemudian dikeringkan dan dicampur dengan lem.

Setelah itu mengaduk adonan tersebut menjadi sebuah balok-balok yang dapat disusun menjadi sebuah bangunan. Bangunan ini sendiri juga tidak memabukan para penghuninya.

6. Logam rongsokan

Sejauh rumah milik pensiunan konservator salah satu museum di Amerika serikat ini benar-benar unik. Sebab sekeliling rumahnya dipenuhi Dnegan material-material logam yang mungkin saja bagi sebagai orang sudah dianggap barang sampah.

Segala sisi rumah tersebut, tak luput dari hiasan logam. Bahan termasuk mobil yang dikendarai pemilik rumah juga dihiasi dengan logam-logam. Pemilik rumah sendiri memulai aksinya menghias rumah sejak tahun 2002.

7. Ban bekas


Membuat sebuah rumah dengan pasir, semen dan material lain, nampaknya sudah biasa. Namun ketika seseorang membuat bangunan rumah dengan menggunakan ban bekas, nampaknya hal tersebut yang janggal.

Dan baru-baru ini, seorang pria asal Rusia membuat konstruksi dengan bank bekas. Ban tersebut disusun sedemikian rupa dengan memberikan material tanah dan batu pada bagaian tengah ban.

Bangunan tersebut terbukti kuat dan mampu bertahan pada dataran miring. Selain untuk, tumpukan ban tersebut juga membuat motif dari dinding juga terlihat lebih elegan dan enak untuk dipandang.

8. Rumah pesawat


Kebanyakan orang pastinya memiliki rumah idaman yang bagus, luas dan nyaman untuk ditempati. Namun berbeda dari seorang pria bernama Bruce Campbell. Pria ini justru memiliki impian untuk memiliki rumah didalam pesawat.

Untuk mewujudkan mimpinya itu, Bruce sudah lama berupaya mencari bangkai-bangkai pesawat bekas. Sampai akhirnya iapun berhasil menemukan bangkai pesawat bekas yang itu langsung dijadikan sebuah rumah oleh Bruce.

Bruce membeli pesawat bekas tersebut pada tahun 1999 dengan harga  100 dollar.  Setelah itu ia melakukan modifikasi pada tiap-tiap bagian untuk dijadikan sebuah ruangan seperti halnya rumah. 
 

 

Pewarta : Anggara Sudiongko
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]sidoarjotimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]sidoarjotimes.com | marketing[at]sidoarjotimes.com
Top