Belasan PNS Pemkot Blitar Absen Hari Pertama Masuk Kerja, Ini Alasannya

Para ASN Pemkot Blitar mengikuti apel pertama pasca cuti libur lebaran
Para ASN Pemkot Blitar mengikuti apel pertama pasca cuti libur lebaran

SIDOARJOTIMES, BLITAR – Terdapat 18 Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar tidak masuk kerja pada hari pertama kerja, setelah libur lebaran.

Masuk hari pertama kerja, ditandai dengan giat Apel Gabungan yang dilaksanakan di halaman kantor Walikota Blitar, Senin (10/06/2019) pagi, yang dipimpin langsung oleh Plt Wali Kota Blitar Santoso.

"Jadi setelah kita adakan sidak di hari pertama kerja setelah libur lebaran, dari jumlah total PNS sebanyak 3.038 orang, yang hadir sebanyak 3.020. Ada 18 orang PNS yang tidak hadir dalam Apel Gabungan sebagai tanda dimulainya hari pertama kerja pasca libur lebaran," papar Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemkot Blitar, Suyoto.

Dari 18 orang PNS yang tidak hadir tersebut, kata dia, dikarenakan sejumlah alasan, pertama karena mengajukan cuti bersalin sebanyak 12 orang, cuti alasan penting 1 orang, alasan sakit 4 orang dan tanpa keterangan yang jelas dan sah sebanyak 1 orang.

Kepala Bidang Pengadaan, Pemberhentian dan Penilaian Kinerja BKD Pemkot Blitar, Ika Hadi Wijaya menambahkan, PNS yang tidak ikut Apel Gabungan akan diberikan sanksi berupa tidak dibayarkannya Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) pada bulan ini.

"Bahwa yang tidak ikut Apel, ini nanti hubungannya adalah dengan tidak diberikannya TPP. Jadi penerapannya ada dua, yaitu yang pertama tidak masuk kerja dan tidak ikut Apel. Jadi pemberian sanksinya berbeda," jelas Ika Hadi Wijaya.

Perbedaan pemberian sanksi tersebut, sambung dia, pemberian sanksi berat ialah bagi mereka yang tidak masuk kerja tanpa alasan maupun keterangan yang sah. Kemudian, jika pada hari ini terdapat PNS yang tidak mengikuti Apel Gabungan, diberikan sanksi tidak diberikannya TPP bulan ini.

"Ada yang masuk kerja dengan finger print tapi gak ikut Apel, berarti dia tidak diberikan TPP karena dia masuk kerja tapi tidak ikut Apel," kata dia.(*)

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor : A Yahya
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Blitar TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]sidoarjotimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]sidoarjotimes.com | marketing[at]sidoarjotimes.com
Top