3000 Mahasiswa PTKIN se-Indonesia Bakal Unjuk Karya dan Prestasi dalam PIONIR IX di UIN Malang

PIONIR IX 2019. (Foto: istimewa)
PIONIR IX 2019. (Foto: istimewa)

SIDOARJOTIMES, MALANG – Sekitar 3000 mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri se-Indonesia bakal unjuk karya dan prestasi di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Malang) dalam ajang Pekan Ilmiah Olahraga Seni dan Riset (PIONIR) IX pada 15-21 Juli 2019.

Ribuan mahasiswa itu berasal dari 7 Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN), 34 Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan 17  
Universitas Islam Negeri (UIN) se-Indonesia.

PIONIR sendiri merupakan ajang penyelenggaraan kompetisi keilmuan, olahraga, seni dan riset tingkat nasional bagi mahasiswa PTKIN di bawah naungan Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

Siapapun dan dari mana pun atlit dan seniman yang bertanding dalam PIONIR nanti adalah duta nasional yang maha penting. 

Mereka adalah anak-anak terpilih dan tersaring dengan seleksi yang ketat di kampusnya.

PIONIR menunjukkan bahwa mahasiswa PTKIN tak ketinggalan dengan Perguruan Tinggi Umum (PTU) dalam hal prestasi olahraga, seni, dan riset. 

Misi ini tercermin dari sikap profesionalitas dan sportivitas yang dijiwai para mahasiswa tersebut.

Rektor UIN Malang Prof Dr Abdul Haris MAg mengatakan ada banyak nilai yang bisa dikembangkan dalam event PIONIR, di antaranya sportivitas dalam bertanding, kreativitas, dan nilai keindahan dalam seni dan spiritualitas dalam perlombaan.

"Lomba hadrah merupakan seni sufistik untuk menghadirkan Allah dalam kehidupan kita, tidak semata-mata seni biasa," ujarnya menyontohkan dalam rapat koordinasi di Hotel Grand Chakra beberapa waktu yang lalu.

UIN Malang sendiri terus berusaha berkomitmen agar bisa menjadi tuan rumah perhelatan PIONIR ini dengan baik, tidak ada satu pun yang merasa dirugikan dan jauh dari sistem kecurangan.

“Ayo kita sukseskan PIONIR ini dengan kerja keras dan penuh rasa memiliki bersama,” pintanya.

Kesuksesan PIONIR ini tidak hanya milik UIN Malang. Akan tetapi juga milik PTKIN se Indonesia. 

PIONIR akan mempererat silaturahim, memperteguh persatuan antar mahasiswa PTKIN se-Indonesia dan memberikan kontribusi untuk kemajuan prestasi keilmuan, olahraga, seni dan riset guna menghasilkan calon penerus kepemimpinan bangsa yang berdedikasi tinggi dengan segenap potensi dan keterampilan.

Perlu diketahui, PIONIR melombakan 4 bidang lomba/pertandingan, yakni bidang Ilmiah (7 cabang), Olahraga (12 cabang), Seni (13 cabang), dan Riset (4 cabang).

Bidang Ilmiah terdiri atas lomba Debat Bahasa Arab, Debat Bahasa Inggris, Debat Konstitusi, Business Plan, Musabaqah Karya Tulis Al-Qur’an, Musabaqah Fahmil Qur’an, dan Musabaqah Qiroatil Kutub.

Bidang olahraga terdiri atas lomba Bola Voli, Futsal, Tenis Meja, Bulutangkis, Sepak Takraw, Basket, Catur, Karate, Pencak Silat, Tae Kwon Do, Panjat Dinding, dan Lempar Pisau.

Bidang seni terdiri atas lomba Kaligrafi, Hadrah, Desain & Peragaan Busana Islami, Duta PTKIN, Film Pendek, Pemilihan Dai Mahasiswa, Musabaqah Hifdzil Qur’an, Musabaqah Tilawatil Qur’an, Musabaqah Syarhil Qur’an, Puitisasi Al-Qur’an, Musikalisasi Hadits, Pop Solo Islami, dan Cipta Lagu Islami.

Sementara bidang Riset terdiri atas lomba Karya Tulis Ilmiah Ilmu-ilmu Sosial, Karya Tulis Ilmiah Sains dan Teknologi, Karya Inovatif, serta Inovasi Media Pembelajaran.

Pewarta : Imarotul Izzah
Editor : Heryanto
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]sidoarjotimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]sidoarjotimes.com | marketing[at]sidoarjotimes.com
Top