Kendaraan lapis baja Brimob Polda Jatim disiapkan di acara sertijab.  (Agus Salam/Jatim TIMES)

Kendaraan lapis baja Brimob Polda Jatim disiapkan di acara sertijab. (Agus Salam/Jatim TIMES)



Sedikitnya 550 personel gabungan dan kendaraan barakuda serta water canon dikerahkan dalam pengamanan sertijab wali Kota Probolinggo Rabu (6/2) pagi. Tak hanya itu. Jalan menuju Gedung Widya harja, tempat berlangsungnya sertijab, yakni Jalan Mayjend Penjaitan, ditutup total.

Pengamanan seperti itu dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan sehingga acara lima tahunan itu berlansung aman dan lancar. Hal itu disampaikan Kabag Operasi Polresta Jember Kompol Bunari saat ditemui di sela-sela memantau pengamanan. 

Menurut dia, dari 550 personel tersebut, tidak semuanya anggota Polri, tetapi gabungan dari beberapa unsur, Perinciannya, 100 personel anggota Brimob Polda Jatim beserta barakudanya, 50 anggota Kodim 0820, 100 petugas satpol PP, dan sisanya 250 anggota Polres Probolinggo Kota (Polresta).

 Polresta juga menyiapkan K-9 beserta alat metal detector. Undangan yang hendak masuk ke tempat acara satu per satu diperiksa menggunakan metal detector oleh petugas di pintu masuk.

Bunari juga menjelaskan, sebelum acara dimulai, pihaknya telah melakukan sterilisasi lokasi sertijab. Sterilisasi dilakukan untuk mengantisipasi adanya benda mencurigakan yang dapat mengacaukan suasana. Hasilnya, petugas tidak menemukan benda atau baranga mencurigakan. “Tidak ditemukan barang membahayakan,” terang dia.