Suasana PPDB di SMPN 4 Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

Suasana PPDB di SMPN 4 Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)



Dinas Pendidikan membuka jalur kuota tambahan khusus bagi calon peserta didik baru dari Desa Pendem, Desa Bumiaji, Kelurahan Dadaprejo, Desa Gunungsari, Desa Sumberjo, Desa Pesanggrahan, Kelurahan Songgokerto, Desa Oro Oro Ombo, dan Desa Tlekung.

Kuota itu untuk jalur zonasi di dua SMPN Kota Batu. Yakni untuk SMPN 4 dan SMPN 6. Untuk masing-masing mendapatkan jatah dua rombongan belajar (rombel) untuk satu rombel 32 siswa.

Untuk SMPN 4 zonasinya Desa Gunungsari, Desa Sumberjo, Desa Pesanggrahan, Kelurahan Songgokerto, Desa Oro Oro Ombo, dan Desa Tlekung. Sedangkan SMPN 6 daerah zonasi Desa Pendem, Desa Bumiaji, Kelurahan Dadaprejo.

Namun ada persyaratan yakni calon peserta didik tersebut harus sudah terdaftar dalam proses PPDB jalur zonasi paling lambat pada Selasa (18/6/2019) pukul 15.00 WIB.

“Seleksi Kouta tambahan tersebut akan dilaksanakan secara proporsional dengan tetap mempertimbangkan jarak domisili ke sekolah,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu, Eny Rachyuningsih.

Ia menambahkan, tambahan kuota ini dilakukan setelah dilakukan diskusi bersama oleh beberapa sekolah di Kota Batu. Sebab banyak siswa yang tidak diterima terutama di daerah pinggir dan jauh dari sekolah.

“Dari Permendikbud juga mengatakan jika penambahan rombel itu bisa dilakukan. Karena maksimal satu sekolah ada 10 rombel,” imbuhnya.

Sedangkan untuk ke dua SMP itu masih memungkinkan ditambah rombel. Meskipun demikian kedua sekolah ini mencakup daerah berbeda. Nantinya siswa tetap diseleksi berdasarkan jarak rumah yang terdekat dan terjauh.


End of content

No more pages to load