Kepala Bidang (Kabid) Kebersihan DLH Kota Malang, Joao Maria Gomes Je Carvalho (Hendra Saputra)
Kepala Bidang (Kabid) Kebersihan DLH Kota Malang, Joao Maria Gomes Je Carvalho (Hendra Saputra)

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang siap berkolaborasi dengan masyarakat jika dibutuhkan untuk membantu membersihkan daerah yang dikehendaki.

Untuk mewujudkan komitmen Kota Malang selalu bersih, DLH Kota Malang siap menerjunkan anggotanya jika di suatu wilayah membutuhkan bantuan berupa armada truk pengangkut sampah atau lainnya.

Mekanisme tersebut diambil agar masyarakat Kota Malang juga sadar akan kebersihan. "Boleh jika masyarakat ingin kami membantu dalam hal membersihkan. Tapi bukan kami yang diminta untuk turun membersihkan. Di sana kami akan membantu mengangkut sampah yang sudah dibersihkan oleh warga saat kerja bakti misalnya," ungkap Kepala Bidang Pelayanan Kebersihan DLH Kota Malang, Joao Maria Gomes Je Carvalho atau yang akrab disapa Joe.

Sebelumnya, hal ini sudah dilakukan oleh beberapa kampus di Kota Malang yang mengajak DLH untuk menyadarkan masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan.

"Pernah anak kampus UB itu meminta bantuan kami untuk menyediakan bak sampah keliling di CFD. Harapannya mereka menyadarkan masyarakat yang masih suka membuang sampah sembarangan. Bagus itu," katanya.

Selain itu, Joe juga mengatakan bahwa pihaknya pernah diminta bantuan masyarakat yang sedang kerja bakti membersihkan sampah di kampungnya. Dengan senang hati ia menyediakan armada pengangkut sampah.

"Jadi intinya kami membantu masyarakat untuk membuat Kota Malang menjadi semakin bersih. Kalau di poros jalan itu memang tugas kami, tapi kalau yang sudah masuk kampung itu kan sebenarnya wilayah warga, jadi kami sifatnya hanya membantu saja jika ada kegiatan pembersihan," pungkasnya.