Suasana Musrenbang Pemuda di Ijen Suits Hotel Malang, Selasa (18/2) (Foto: Humas Pemkot Malang)
Suasana Musrenbang Pemuda di Ijen Suits Hotel Malang, Selasa (18/2) (Foto: Humas Pemkot Malang)

Keberadaan pemuda, kini menjadi sorotan pemerintah. Hal itu tidak lain untuk penguatan sistem pembangunan di setiap daerah.
Apalagi, di era revololusi industri 4.0, kaum millenial dengan segudang aktivitas dituntut memiliki kreativitas. Yang mana, hal itu mampu menjadi rujukan dalam membenahi kekuatan di masing-masing daerah.

Wali Kota Malang Sutiaji menyatakan seiring dengan perkembangan zaman, pemuda memiliki peran yang penting dalam upaya pembangunan negeri. Untuk di Kota Malang, melibatkan para pelajar dan mahasiswa dalam memberikan sumbangsih pemikiran dalam pembangunan dinilai cukup signifikan.

"Hadirnya pelajar dan mahasiswa di Kota Malang jangan hanya dilihat dari macetnya saja. Kita bisa pikirkan bersama, seperti apa kita bisa bersama, pemuda dapat memberikan kekuatan tersendiri untuk bersama membangun Kota Malang," ujarnya saat menghadiri acara Musrenbang Pemuda di Ijen Suits Hotel Malang, Selasa (18/2).

Ia menjelaskan, melalui Musrenbang Tematik yang digelar Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Kota Malang maka segala kegiatan yang masuk dalam program RKPD (Rencana Kerja Pembangunan Daerah) 2021 akan lebih fokus dan terarah. Sehingga program pembangunan daerah nantinya pemerintah dapat melibatkan seluruh pemuda melalui organisasi kepemudaan (OKP).

"Kita butuh sumbangsih saran, masukan seperti apa kiranya bentuk keterlibatan pemuda utamanya OKP ke depan," jelasnya.

Apalagi, memasuki era revolusi industri 4.0, tidak bisa dipungkiri masyarakat harus mau mengikuti perubahan zaman. Politisi Demokrat ini menyebut, era ini bisa menjadi kekuatan dan menjadi tantangan bagi pemuda masa kini.

"Saat ini harus kita ketahui kemana arah semangat dan idealisme pemudanya. Harapannya bisa satu visi, apalagi dalam menyambut era revoulusi industri 4.0, yang bisa menjadi kekuatan, maupun juga bisa menjadi tantangan," tandasnya.